Rabu, 25 November 2015

Mengendalikan Diri


Pengendalian diri adalah merupakan suatu keinginan dan kemampuan dalam menggapai kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang pada hak dan kewajibannya sebagai individu dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
Pengertian Serasi, Selaras Dan Seimbang Dalam Pengendalian Diri :
·         Serasi adalah kesesuaian / kesamaan antar semua unsur pendukung agar menghasilkan    keterpaduan yang utuh.
·         Seimbang adalah jumlah yang sama besar antara hak dan kewajiban.
·         Selaras adalah suatu hubungan baik yang dapat menciptakan ketentraman lahir dan batin.
Di dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari terdapat nilai dan norma yang berlaku secara umum serta harus kita hormati dan jalankan sebagai warga masyarakat yang baik. Hukum pun ada untuk mengatur warga masyarakatnya secara paksa untuk mengendalikan setiap manusia yang ada di masyarakat tersebut.
Contoh pengendalian diri. Pernahkah anda mengalami bahwa hanya untuk memenuhi kebutuhan primer (sandang, pangan, papan) itu saja ternyata uang gaji sudah menipis dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan lain selama satu bulan sampai gajian lagi. Akhirnya mau tidak mau maka kita harus menahan dan mengendalikan diri untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekunder. Baru nanti ketika sampai awal bulan lagi ternyata ada sisa uang dari bulan sebelumnya maka bisa ditabung atau sisa uang tadi dikumpulkan dan semoga bila sudah terkumpul bisa untuk dibelikan kebutuhan sekunder apa yang kita inginkan. Memang terkadang ada saja kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya yang tidak terduga yang tiba-tiba saja harus segera dipenuhi. Yah, apa boleh buat lagi, maka uang yang sudah terkumpul itu tadi dipakai untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Terus bagaimana dengan kebutuhan sekunder yang hampir terpenuhi itu tadi? ya terpaksa harus ditunda lagi realisasinya, nabung lagi nabung lagi Coy… sabar… sabar… Namun nanti akhirnya kita akan paham dan mengerti bahwa cara meraih kesuksesan salah satu diantaranya adalah kita harus menguasai ketrampilan pengendalian diri.

Dengan mengendalikan diri kita juga di liatih kesabaran, bahwa untuk mendapatkan kesuksesan tidak semudah membalikan tangan, pasti terdapat proses didalamnya, dengan mengendalikan diri, kita jadi tidak buru-buru untuk mengambil sebuah keputusan, yang dapat membuat kita salah langkah. Mengendalikan diri memang terlihat sepele namun sangat penting untuk mencapai suatu kesuksesan, bukan hanya untuk mencapai kesuksesan, tetapi juga diperlukan untuk kehidupan sehari-hari agar orang yag berada di dekat kita menjadi nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar